PERUMUSAN MASALAH

Para pakar kejiwaan dan ilmu sosial sepakat bahwa manusia adalah makhluk yang berbudaya dan berperadaban, dalam artian senantiasa tunduk dan mengikuti keumuman arus yang ada pada sebuah iklim masyarakat. Secara fitrah (dari sisi penciptaan), ia pun selalu cenderung berhubungan dengan komunitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasarnya sebagai manusia. Hal inilah yang melahirkan sistem sosial dengan segenap bingkai yang melapisinya, seperti sistem keluarga, sistem ekonomi, dan sistem pendidikan.

Sistem-sistem tersebut akan mampu menentukan posisi seseorang di tengah masyarakat (baik dalam pandangan yang positif maupun negatif), yang lebih dikenal dengan istilah “peran sosial”. Pada level seperti inilah biasanya berbagai permasalahan yang berhubungan dengan sikap dan perilaku manusia mulai bermunculan di atas nilai-nilai sosial yang mengatur peran-peran tersebut, hingga terjadilah ketidaksesuaian sosial. Kasus semacam ini terjadi ketika nilai-nilai sosial ditimpa oleh sebuah gejolak pada level yang berbeda-beda. Kondisi paling ekstrem dari gejolak ini biasa disebut “penyimpanan sosial”, yaitu saat seseorang keluar dari kerangka yang telah ditetapkan oleh aturan dan norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat (baik berupa adat kebiasaan, nilai-nilai moral, maupun agama).

Lebih lanjut, para pakar psikologi dan ilmu-ilmu sosial membedakan penyimpanan semacam ini (dari sekian banyak penyimpangan sosial lainnya yang bersifat insidental dan nonsubstansial) dengan menyebutnya sebagai penyakit “mental-sosial”. Penyakit tersebut biasanya tunduk terhadap pemikiran dan teori-teori yang memberikan penafsiran (terhadap permasalahan ini). Pada satu waktu ia dianggap sebagai sebuah permasalahan kejiwaan unsich, namun pada waktu yang lain dimensi kejiwaan justru dijauhkan dari permasalahan tersebut atau mungkin hanya diberi perhatian yang sangat minim.

 

Sumber Data:

Amru Hasan Ahmad Badran, Cara Mengatasi Masalah Dengan Orang Lain, Cendekia, Jakarta, 2006.

 

Website:

www.gunadarma.ac.id

– www.studentsite.gunadarma.ac.id

– www.baak.gunadarma.ac.id

– www.ugpedia.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: