APAKAH ANDA SEDANG MENGHADAPI MASALAH?

            Pada umumnya, seseorang mungkin tidak merasa sedang menghadapi permasalahan, terlebih lagi ketika sedang membaca lembaran-lembaran nuku ini. Namun tentu kasusnya akan berbeda antara mereka yang sedang menghadapi permasalahan yang cukup besar dengan mereka yang sedang menghadapi permasalahan yang relatif sepele, serta mereka yang tidak merasa sedang bermasalah.

            Bagi mereka yang merasa sedang menghadapi masalah (atau bagi mereka yang merasa tidak bermasalah), apakah sebaiknya mengetahui sejauh mana dimensi permasalahan tersebut serta bagaimana cara mengatasinya?

            Mungkin akan ada yang berkata, “Orang yang sedang menghadapi permasalahan tentu akan memberikan perhatiannya terhadap permasalahan tersebut, namun orang lain tentu tidak!” Apakah pernyataan seperti ini benar? Apa yang sebenarnya kita inginkan dari prolog di atas? Apakah kita ingin menyelesaikan semua permasalahan umat manusia yang ada? Apakah yayasan-yayasan sosial serta lembaga konsultan kejiwaan dan permasalahan sosial telah berhasil memecahkan semua permasalahan umat manusia? Mungkin Anda tidak akan mendapatkan jawaban yang diinginkan!

            Sebagian mereka yang sedang menghadapi permasalahan sengaja pergi ke lembaga-lembaga semacam ini, atau menumpahkan semua permasalahantersebut di salah satu sudut surat kabar atau majalah, sekedar untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Apakah seseorang akan dapat menjalani hidup ini dengan penuh kegembiraan setelah ia mampu menyelesaikan semua permasalahannya? Apakah itu artinya ia tidak akan berjumpa dengan sejuta permasalahan lainnya? Tidak seorang pun yang mampu mengatakan dengan pasti dan penuh keyakinan bahwa tidak aka nada lagi permasahan yang membuatnya tidak dapat beristirahat pada malam hari.

            Meskipun sekarang Anda akan sedang menghadapi permasalahan, namun anda pasti ingin turut membantu menyelesaikan permasalahan orang lain, baik melalui sebuah program maupun sebuah metode! Apakah kini Anda telah benar-benar siap untuk melakukannya?

            Perlu Anda ketahui, mengatur waktu secara baik merupakan langkah awal yang sangat penting ketika hendak berinteraksi dengan permasalahan apa pun. Kemudian mengevaluasi setiap permasalahan yang terjadi antara diri Anda dengan  orang lain (berikut upaya untuk menghadirkan solusi bagi permasalahan tersebut), sebelum Anda mengevaluasi permasalahan-permasalahan internal yang terjadi antara Anda dengan diri Anda sendiri.

 

Sumber Data:

Amru Hasan Ahmad Badran, Cara Mengatasi Masalah Dengan Orang Lain, Cendekia, Jakarta, 2006.      

 

Website:

www.gunadarma.ac.id

– www.studentsite.gunadarma.ac.id

– www.baak.gunadarma.ac.id

– www.ugpedia.gunadarma.ac.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: