AMD “YUKON” PLATFORM

Paltform AMD untuk Ultrathin Notebook

AMD punya jawaban tersendiri untuk prosesor Intel Atom yang laris manis digunakan pada berbagai notebook di pasaran. Dari pada harus barsaing langsung dengan prosesor Atom, AMD memilih merilis platform lengkap (bersandi Yukon) yang terdiri dari prosesor Athlon Neo, core logic (M690E) yang dilengkapi dengan graphics core terintegrasi (ATI Radeon X1250), dan controller I/O AMD SB600. Tersedia juga pilihan discrete graphics ATI Mobility Radeon HD 3410 dengan performa lebih baik. AMD tidak menyasar platform Yukon ini untuk notebook melainkan untuk kategori ultrathin notebook.

Menurut AMD, saat ini pengguna harus berkompromi dalam memilih notebook portabel yang ideal bagi mereka. Mereka (pengguna) dihadapkan pada pilihan antara notebook portabel dengan performa setara PC yang mahal atau mini-notebook (net-book) berkinerja “pas-pasan” yang murah. Dengan latar belakang situasi ini, AMD melihat adanya peluang untuk mengisi gap tersebut dengan menghadirkan platform ultrathin notebook dengan kemampuan grapichs (HD dan 3D) yang lebih baik namun dengan harga ekonomis.

Notebook pertama yang di beri kehormatan untuk menjajal mobile platform AMD tersebut adalah HP Pavilion dV2 dengan layar LCD 12 inci (resolusi 1280 x 800 dengan LED backlight). Selain memakai prosesor AMD Neo (1.6ghz AMD athlon Neo MV 40), HP pavilion dV2 juga telah mendukung memori dan hardisk hingga berkapasitas akses jaringan tersedia ethernet kelas gigabit dan koneksi WiFi. Tersedia juga opsi drive BluRay eksternal dan slot ExpressCard. Rencananya, notebook dengan casing berbahan magnesium-alloy tersebut akan dipasarkan pada April dengan harga US$ 699 (bergantung model).

Sumber data : www.amd.com

CHIP (Februari 2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: