MENGENAL WSS-ID


Nama : Aris Permana

NPM  : 30108333

Kelas  : 2DB08

KATA PENGANTAR

Seperti kita ketahui saat ini masyarakat Indonesia sedang memburu blog-blog gratisan dan bisa dikatakan sedang demam membuat blog. Karena sudah diyakini bahwa blog, mailing list dan e-mail merupakan sarana paling ampuh untuk bertukar informasi sesama pengguna komputer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan adanya blog masyarakat IT di Indonesia bisa berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan mudah dan cepat.

Manfaat Windows Server System bagi masyarakat juga dibahas langkah-langkah atau prosedur registrasi e-mail di MSN Hotmail. Tujuannya agar sebelum pembaca registrasi ke WSS-ID dan menjadi anggota sudah memiliki e-mail.

Dalam makalah ini juga menjelaskan bagaimana mengenal tentang WSS-ID , menjelajah Portal WSS-ID, Registrasi Member WSS-ID, Registrasi Mailing WSS-ID.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan hal ini disebabkan karena kekurang mampuan penulisan. Mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………………..i

Daftar Isi………………………………………………………………………………….ii

Pendahuluan…………………………………………………………………………….iii

Mengenal WSS-ID……………………………………………………………………….1

1.1.  Mengenal WSS-ID……………………………………………………………………1

1.2.  Menjelajah Portal WSS-ID…………………………………………………………..2

1.2.1.      Masuk Portal WSS-ID……………………………………………………………2

1.2.2.      Membedah Portal…………………………………………………………………2

1.3.  Registrasi Member di WSS-ID………………………………………………………4

1.4.  Registrasi Mailinglist………………………………………………………………..5

Kesimpulan………………………………………………………………………………7

Sumber…………………………………………………………………………………..8

PENDAHULUAN

Beberapa tahun belakangan ini pengguna internet di Indonesia tumbuh subur dan sudah mejadi kebutuhan, bahkan akan merasa ada yang hilang apabila satu hari saja tidak menggunakan internet. Hal ini berarti bahwa masyarakat Indonesia sudah ketergantungan dengan internet. Memang dengan adanya internet berbagai informasi dari seluruh dunia mudah diakses sehingga sangat bermanfaat untuk mencari informasi, mengirim surat elekronik, termasuk mempublikasikan karya-karya atau kegiatan dalam media yang satu ini.

Dengan adanya jaringan terkait ini masyarakat merasakan manfaat yang luar biasa, sebagai contoh untuk mencari informasi yang berhubungan dengan security atau keamanan di komputer, pemakai langsung mengkoneksikan komputernya ke internet, kemudian jalankan browser dan masuk ke salah satu mesin pencari internet, misalnya google.com, yahoo.com, msn.com dan sebagainya, lalu ketikkan apa yang diperlukan dan tekan tombol pencari. Informasi yang diperlukan segera tampil, kemudian klik dan buka informasi tersebut, kemudian simpan di komputer anda. Begitulah kecanggihan media online yang bernama internet ini ternyata bisa dengan sekejap mata informasi yang diperlukan sudah ada di hadapan kita.

Dengan semakin mantapnya posisi jaringan global ini, maka tidak heran mulai bermunculan perusahaan atau jasa yang menyediakan layanan registrasi domain dan hostingnya. Memang untuk registrasi domain pemakai harus mengeluarkan biaya, namun tidak sedikit perusahaan menyediakan free hosting, terutama untuk para bloger. Dengan semakin maraknya weblog gartisan masyarakat komputer di Indonesia mulai melirik media ini untuk mempublikasikan karya-karyanya, salah satu weblog yang banyak diminati adalah yang berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi khususnya hardware dan software.

Blog untuk perkembangan IT memang saat ini mudah dijumpai dan banyak pula macamnya, karena blog-blog semacam ini dikelola oleh suatu komunitas IT dari berbagai aliran. Di Indonesia sendiri cukup banyak komunitas IT yang populer dengan ratusan bahkan ribuan anggotanya, sebut saja misalnya INDC, WSS-ID atau Windows Server System Indonesia, Microsoft User Group Indonesia (MUGI)

1.1.Mengenal WSS-ID

Sebenarnya WSS-ID (Windows Server System Indonesia) ini sudah lama berdiri, hanya portal resminya baru awal tahun 2007 ini online. Namun demikian anggota dan pengunjungnya sudah cukup banyak, ini menambahkan bahwa keberadaan portal ini sangat diharapkan oleh masyarakat khususnya kalangan IT Pro dan End User di seluruh Indonesia. Tujuannya tentu saja selain untuk menambah ilmu dan wawasan mereka tentang perkembangan teknologi informasi khususnya Microsoft Windows Server dan Microsoft Client, juga saling mengenal sesama pengguna produk Microsoft, misalnya Windows Vista, Windows Server 2003, Windows XP, dan sebagainya. Selama sistem operasi, informasi dan update teknologi khususnya Microsoft Office.

Windows Server System Indonesia adalah komunitas online dengan tujuan berbagi ilmu diantara sesama pengguna produk Microsoft seperti Microsoft Windows dan Microsoft Office. Dengan dibukanya portal wss-id.org ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan informasi yang berharga bagi masyarakat IT Indonesia.

Dengan onlinenya wss-id.org para pengunjung portal bisa mengikuti perkembangan software terkini, informasi komunitas, forum komunikasi, tutorial hingga download file berupa e-book. Selain itu dengan WSS-ID ini masyarakat komputer Indonesia bisa saling tukar menukar informasi sesama pengguna Microsoft Windows atau Office di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Portal wss-id.org bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dari mana saja, baik user yang sudah terregister maupun pengunjung biasa yang dikategorikan sebagai tamu. Namun untuk pengunjung mungkin tidak bisa leluasa memberi komentar, mempublikasikan artikel, mengajukan pertanyaan di forum dan sebagainya. Untuk itu apabila anda ingin nyaman untuk berkeliaran di portal wss-id.org sebaiknya mendaftar menjadi anggota komunitas online ini.

Untuk menjadi anggota wss-id.org tidak harus dibayar, cukup register dan anda otomatis sudah menjadi anggota dan sekaligus mendapatkan space gratis berupa blog. Blog yang disediakan WSS-ID ada tiga kategori, yaitu Leed, Geeks dan Student. Fasilitas untuk Leed memang otoritasnya paling tinggi, sedangkan Greeks diperuntukan para IT Profesional, masyarakat IT secara umum dan Student dipersiapkan untuk kalangan mahasiswa dan pelajar.

1.2.Menjelajah Portal WSS-ID

Setiap orang yang masuk ke dalam suatu situs atau portal tertentu tentu ada tujuannya, yaitu mengharapkan menemukan sesuatu yang bermanfaat. Begitu juga apabila anda masuk ke portal wss-id.org tentu permasalahan sehari-hari yang sering terjadi, terutama yang berhubungan dengan sistem operasi Microsoft Windows, baik Server, Client, maupun aplikasi seperti Microsoft Office.

Memang portal Windows Server System Indonesia ini merupakan komunitas online yang isinya seputar perkembangan dan trouble Shooting sistem operasi dan aplikasi produk Microsoft. Yang namanya komunitas memperbolehkan siapapun masuk menjadi anggota atau mengunjungi portal ini juga tidak dilarang, namun apabila tidak join anda hanya bisa membaca isi dari portal ini tanpa bisa memberikan komentar. Jadi dengan kata lain komunitas online untuk semua orang.

1.2.1. Masuk Portal WSS-ID

Waktu pertama kali anda menjalankan komputer, kemudian anda melakukan koneksi ke internet, yang pertama dilakukan umumnya adalah membuka e-mail, setelah itu mencoba mesin pencari yang ada, misalnya google.com atau MSN.com. Jika sudah mengetahui alamat yang akan dituju mungkin langsung mengetikkan alamat atau URL yang dimaksud, tetapi kalau tidak mengetahuinya mungkin akan mencarinya melalui mesin pencari yang ada. Sebagai contoh, anda akan masuk ke portal Windows Server System Indonesia yang alamatnya http://wss-id..org, langsung anda ketikkan di kolom address.

1.2.2. Membedah Isi Portal

Setelah anda berada dilingkungan portal WSS-ID yang petama kali anda buka pasti Blog. Memang di sini banyak artikel populer yang bisa anda buka untuk dijadikan referensi ataupun untuk mencari materi yang berhubungan dengan pekerjaan anda. Dengan masuk ke blog, semua blog pribadi yang sudah masuk ke WSS-ID akan tampil di halaman depan, setelah anda klik salah satu judul yang dipilih baru anda akan dibawa ke salah satu blog yang sesuai.

Perlu diketahui apabila anda sudah berada di blog ini akan mudah masuk diantara blog yang ke blog lain yang ada di bawah blog tersebut. Kemudian apabila anda ingin mengetahui isi dari forum, anda cukup klik pilihan forum yang tersedia. Di forum ini anda akan menemukan berbagai hal seputar tanya jawab para IT Professional, End User, mahasiswa, dosen, pelajar dan sebagainya.

Selain Blog dan Forum, content lain yang bisa anda akses adalah Photos dan Download. Apabila anda masuk ke Photos, di sini akan ditampilkan seputar kegiatan yang pernah dilakukan oleh anggota yang sudah mendaftar dan mempunyai blog di portal WSS-ID. Pilihan Download digunakan untuk mendownload materi, misalnya e-book, gambar-gambar dan sebagainya. Sedangkan tombol Home digunakan untuk kembali ke jendela paling depan.

Setelah masuk forum selain bisa membaca topic diskusi atau tanya jawab seputar perkembangan IT, security, hardware dan sebagainya anda juga bisa melihat jumlah yang sedang online dan ke lokasi dan kategori apa saja yang paling banyak dikunjungi. Forum ini menampilkan aktifitas yang ada di portal WSS-ID. Aktifitas yang dimaksud adalah pengunjung yang sedang online, di sini akan terlihat apakah pengunjung tersebut anggota Windows Server System Indonesia atau sebagai tamu atau Guest. Selama ini yang banyak mengunjungi portal wss-id.org adalah Guest atau tamu. Karena wss-or.org secara resmi belum diluncurkan. Namun demikian tidak sedikit tamu yang merasakan manfaat dari portal ini mendaftar menjadi anggota komunitas WSS-ID ini.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya apabila anda ingin melihat isi dari tab Photo anda cukup klik saja tab tersebut. Setelah itu akan tampil Gallery Photo yang ada di portal WSS-ID. Setelah anda masuk ke dalam tab photo, kemudian memilih salah satu gallery yang ada, misalnya anda klik aris, maka akan tampil Gallery Photo yang diupload oleh aris lalu pilih salah satu Gallery yang ada.

Apabila mau keluar dari jendela ini, anda bisa menggunakan tombol Home. Kalau mau mencoba melihat isi dari Download anda klik tombol Download. Banyak yang bisa anda dapatkan dengan portal Windows Server System Indonesia ini. Selain bisa berbagi sesama pengguna produk Microsoft di Indonesia juga bisa mempublikasikan hasil kreasi anda dalam blog ini.

Untuk registrasi dan mengetahui lebih jauh mengenal portal Windows Server System Indonesia, selanjutnya akan dijelaskan tata cara registrasi tersebut. Registrasi ini wajib sifatnya apabila anda ingin memiliki blog dan dengan leluasa menjelajahi isi portal Windows Server System Indonesia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk registrasi ke wss-ir.org ini, dalam hal ini cukup dengan mengklik tombol JOIN, atau bisa juga dengan mengklik Join WSS-ID portal here.

1.3.Registrasi Member di WSS-ID

Untuk memudahkan dalam proses registrasi blog wss-id dibuat sangat sederhana, sehingga bagi siapapun tidak akan kesulitan. Hal ini sengaja di buat agar pengunjung bisa langsung mendaftar sebagai anggota sekaligus memiliki blog di Windows Server System Indonesia.

Sebagai contoh anda akan registrasi keanggotaan di WSS-ID, cara yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan komputer yang anda gunakan sudah tekoneksi dengan jaringan internet
  2. Jalankan Internet Explorer
  3. Ketikkan di kolom Address http://wss-id.org, lalu tekan tombol Enter di papan ketik. Setelah itu segera tampil portal Windows Server System Indonesia (WSS-ID)

Setelah anda berada dilingkungan portal Windows Server System Indonesia (WSS-ID), kemudian anda akan registrasi atau mendaftar sebagai anggota. Maka selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  1. Sebelum anda melakukan registrasi sebaiknya anda sudah mempunyai e-mail baik di hotmail.com, msn.com, yahoo.com atau e-mail apa saja yang sudah anda miliki.
  2. Klik tombol JOIN setelah itu portal Windows Server System Indonesia segera menampilkan form registrasi yang sangat simpel dan sederhana
  3. Kemudian pada kolom Sign in Name, ketikkan User Name anda, misalnya permana. Pastikan user name anda jangan kurang dari 5 karakter.
  4. Klik di kolom Choose Password, kemudian ketikkan Password, misalnya permanajuga
  5. Klik di kolom Re-enter Password, ketikkan sekali lagi Password anda, misalnya permanajuga
  6. Klik dikolom Email Address, ketikkan e-mail anda di kolom ini, misalnya t-permana@hotmail.com
  7. Klik di kolom Re-enter Email Address, lalu ketikkan sekali lagi e-mail anda di kolom ini, misalnya t-permana@hotmail.com
  8. Untuk Time Zone disesuaikan dengan lokasi anda, bisa juga tidak memilih Time Zone ini dan biarkan secara defaultnya.
  9. Klik tombol Join Now!! Untuk proses registrasi

Pastikan anda sudah terregistrasi dan menjadi anggota WSS-ID ( Windows Server System Indonesia ) dan secara otomatis anda sudah memiliki blog dengan alamat

http://wss-id.org/blogs/permana. Selain mendapatkan alamat blog, anda juga akan mendapatkan alamat untuk Gallery sesuai dengan kode atau user yang anda registrasikan.  Dalam contoh ini untuk alamat Gallery anda adalah http://wss-id.org/photos/permana.

Dengan demikian anda sudah resmi menjadi anggota Windows Server System Indonesia dan sudah memiliki alamat-alamat penting yang bisa digunakan untuk mempublikasikan karya-karya anda, bisa artikel dan bisa juga photo-photo kegiatan seputar perkembangan teknologi informasi khususnya yang berhubungan dengan windows dan aplikasinya.

1.4.Registrasi Mailinglist

Seperti halnya portal, hal paling penting yang harus dimiliki oleh calon anggota milist atau mailinglist adalah e-mail. Maka dari itu e-mail merupakan sarana paling utama untuk berkomunikasi secara online. Jika anda memutuskan untuk menjadi anggota mailinglist dari suatu komunitas, maka peran e-mail untuk menerima dan mengirim berita atau informasi dari suatu komunitas akan berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu e-mail merupakan identitas yang sangat penting untuk dimiliki oleh anggota komunitas online.

Untuk menjadi anggota mailinglist berbeda di bandingkan dengan blog, kalu diblog komunikasinya menggunakan sarana berupa forum, untuk membukanya anda harus join dan bergabung dalam forum tersebut. Informasinya sendiri dibaca langsung dari forum tersebut secara online, sedangkan kalau anda menjadi anggota dari suatu mailinglist, media komunikasinya berupa e-mail yang harus dibuka setiap saat melalui fasilitas inbox di e-mail anda.

Apabila anda akan join ke mailinglist klik Join the mailing list at wss-id-subscribe@netindonesia.net dari tampilan depan portal WSS-ID. Namun apabila sedang membuka e-mail, kirimkan e-mail kosong ke alamat wss-id-subscribe@netindonesia.net. Dan tunggu balasan dari moderator mailinglist tersebut.

Memang baik forum, mailinglist maupun komentar dalam suatu komunitas online atau aturan-aturannya. Jadi kalau ada komentar yang akan disampaikan ke forum atau dikirim ke mailinglist dan materi yang dipublikasikan tidak sesuai dengan tema, menyimpang atau membuat komunitas menjadi kurang nyaman, maka moderator berhak untuk mengedit, bahkan menolak komentar tersebut.

KESIMPULAN

Dengan adanya jaringan terkait ini masyarakat merasakan manfaat yang luar biasa, sebagai contoh untuk mencari informasi yang berhubungan dengan security atau keamanan di komputer, pemakai langsung mengkoneksikan komputernya ke internet, kemudian jalankan browser dan masuk ke salah satu mesin pencari internet, misalnya google.com, yahoo.com, msn.com dan sebagainya, lalu ketikkan apa yang diperlukan dan tekan tombol pencari. Informasi yang diperlukan segera tampil, kemudian klik dan buka informasi tersebut, kemudian simpan di komputer anda. Begitulah kecanggihan media online yang bernama internet ini ternyata bisa dengan sekejap mata informasi yang diperlukan sudah ada di hadapan kita.

Dengan semakin mantapnya posisi jaringan global ini, maka tidak heran mulai bermunculan perusahaan atau jasa yang menyediakan layanan registrasi domain dan hostingnya. Memang untuk registrasi domain pemakai harus mengeluarkan biaya, namun tidak sedikit perusahaan menyediakan free hosting, terutama untuk para bloger. Dengan semakin maraknya weblog gartisan masyarakat computer di Indonesia mulai melirik media ini untuk mempublikasikan karya-karyanya, salah satu weblog yang banyak diminati adalah yang berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi khususnya hardware dan software.

Windows Server System Indonesia adalah komunitas online dengan tujuan berbagi ilmu diantara sesama pengguna produk Microsoft seperti Microsoft Windows dan Microsoft Office. Dengan dibukanya portal wss-id.org ini diharapkan bisa memberikan manfaat dan informasi yang berharga bagi masyarakat IT Indonesia.

Dengan onlinenya wss-id.org para pengunjung portal bisa mengikuti perkembangan software terkini, informasi komunitas, forum komunikasi, tutorial hingga download file berupa e-book. Selain itu dengan WSS-ID ini masyarakat komputer Indonesia bisa saling tukar menukar informasi sesama pengguna Microsoft Windows atau Office di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

SUMBER :

  • DATAKOM LINTAS BUANA
  • Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan, (KTD)
  • TUTANG

Sharing Knowledge and Sharing Experience, Windows Server System Indonesia/Tutang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: