UPGRADE NETBOOK

Upgrade netbook

Nama : Aris Permana

NPM  : 30108333

Kelas  : 2DB08

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa selalu memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua serta sekalian alam baik kesehatan maupun kesempatan dalam memberikan dorongan dan motivasi sehingga terselesainya tugas ini.

Selanjutnya kami selaku mahasiswa yang mengikuti Program Diploma III pada jurusan Manajemen Informatika diberikan tugas untuk membuat makalah dan makalah yang saya buat yaitu Upgrade Netbook

Upgrade memori merupakan hal yang paling gampang dan paling sering dilakukan oleh banyak orang guna mendapatkan performa yang lebih. CHIP juga melakukan penambahan memori padanetbook, yang sebelumnya 1 GB menjadi 2 G, menggunakan memori Kingston HyperX SO DIMM DDR2 1 GB. Pada table, anda dapat melihat penambahan memori pada hard disk 5400RPM dan 7200RPM dapat menaikkan skor pada Sysmark 2007 walau hanya 1 poin pada keadaan standar, power saver, maupun overclock 24 persen. Walau terbilang kecil, CHIP merasa beberapa aplikasi berjalan lebih lancar dan waktu loading aplikasi menjadi lebih cepat.

Penggantian atau upgrade hard disk mungkin paling jarang dilakukan. Selain memakan biaya yang mahal, beberapa orang lebih memilih membeli hard disk eksternal bila kapasitas penyimpanan data sudah tidak lagi mencungkupi atau penuh

Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………i

Daftar Isi………………………………………………………………………………………..ii

Pendahuluan……………………………………………………………………………………1

Upgrade Netbook………………………………………………………………………………1

  • Upgrade Memori ……………………………..…………………………………………1
  • Upgrade Hard disk…..……………………………………………………………………2
  • Mana yang lebih baik?…………………………………………………………………..3

Kesimpulan…………………………………………………………………………………….4

Sumber………………………………………………………………………………………………5

PENDAHULUAN

Upgrade

Netbook

Ada dua alasan untuk meng-upgrade netbook. Pertama, untuk mencari kinerja yang lebih tinggi dan kedua, memperbesar ruang data.

Bila anda memperhatikan skor tes-tes yang dilakukan oleh CHIP pada netbook (Intel Atom) di tes individu, anda akan melihat skor yang dihasilkan Sysmark 2007 selalu diantara 39-40 dengan spesifikasi yang sama (kapasitas hard disk dan memory yang sama). Inilah yang membuat pihak CHIP akhirnya bisa menjadi bahan acuan bagi anda yang ingin meng-upgrade netbook.

Pada tes kali ini, CHIP melakukan beberapa pengujian dengan melakukan beberapa kali penggantian komponen dan penambahan komponen di dalamnya. Pertama CHIP melakukan pengujian dalam keadaan benar-benar standar, lalu dilakukan pengujian kembali dengan menambahkan memori SODIM DDR2 sebesar 1 GB, total memori menjadi 2 GB setelah itu CHIP mengganti hard disk menjadi  standar yang berkapasitas 80 GB 5400RPM dengan hard disk 32 GB 7200 RPM dengan memori  1 GB. Terakhir, CHIP melakukan pengujian dengan menambah memori menjadi 2 GB. Tes yang dilakukan meliputi dalam keadaan netbook berjalan standar, power saver, dan overclock 24% dengan menggunakan Sysmark 2007. Selain itu dilakukan pula tes untuk melihat besarnya pemakaian baterai dalam keadaan standard dan power saver dengan menggunakan Mobile Mark 2007. Hasil akhir dari pengujian menghasilkan beberapa hal yang menarik yang dapat anda lihat dalam tabel.

  • Upgrade Memori

Upgrade memori merupakan hal yang paling gampang dan paling sering dilakukan oleh banyak orang guna mendapatkan performa yang lebih. CHIP juga melakukan penambahan memori padanetbook, yang sebelumnya 1 GB menjadi 2 G, menggunakan memori Kingston HyperX SO DIMM DDR2 1 GB. Pada table, anda dapat melihat penambahan memori pada hard disk 5400RPM dan 7200RPM dapat menaikkan skor pada Sysmark 2007 walau hanya 1 poin pada keadaan standar, power saver, maupun overclock 24 persen. Walau terbilang kecil, CHIP merasa beberapa aplikasi berjalan lebih lancar dan waktu loading aplikasi menjadi lebih cepat.

Pengaruh lain dari penambahan memori adalah daya tahan baterai berkurang sedikit. Ini bisa dimaklumi karena penambahan memori akan menambah daya pada netbook.

  • Upgrade Hard disk

Penggantian atau upgrade hard disk mungkin paling jarang dilakukan. Selain memakan biaya yang mahal, beberapa orang lebih memilih membeli hard disk eksternal bila kapasitas penyimpanan data sudah tidak lagi mencungkupi atau penuh. CHIP melakukan pengujian dengan mengganti hard disk WDC 80 GB 5400RPM seri Scorpion WD800BEVS yang sudah ada dengan hard disk WDC 320GB 7200RPM seri Scorpion WD3200BEKT.

Speed standar Hard disk 5400 MEmori 1 GB Speed OC 24% Hard disk 5400 Memori 1 GB Speed standar Hard disk 5400 Memori 2 GB Speed OC 24% Hard disk 5400 Memori 2 GB Speed standar Hard disk 7200 Memori 1 GB Speed OC 24% Hard disk 7200 memori 1 GB Speed standar Hard disk 7200 memori 2 GB Speed OC 24% Hard disk 7200 Memori 2 GB
Sysmark 2007
E-Learning 39 49 40 50 41 48 42 51
Video creation 38 46 40 47 41 46 41 49
Productivity 50 61 51 61 53 64 53 63
3D 32 39 33 40 33 40 33 40
Rating 39 48 40 49 41 49 41 50
MobileMark 2007
Power Saver 194 Menit 191 menit 247 menit 268 Menit
Standar 179 Menit 174 Menit 244 Menit 239 Menit

Pengujian juga dilakukan dalam keadaan upgrade memori, untuk melihat seberapa tinggi skor yang didapat bila dilakukan upgrade memori dan hard disk. Tes tersebut dilakukan dalam keadaan standar, power saver dan overclock 24 persen dengan menggunakan sysmark 2007.

Upgrade hard disk ternyata setali tiga uang dengan upgrade memori, tidak banyak menolong. Skor yang dihasilkan hanya dapat menambah skor 1 saja, tetapi CHIP merasa penggantian hard disk ke putaran 7200RPM membuat waktu loading windows XP menjadi lebih cepat dan segala aplikasi yang sedang berjalan semakin cepat. Masalah yang terjadi adalah ketika menggunakan hard disk 7200RPM, panas yang dihasilkan meningkat di dalam ruang netbook sehingga kadang-kadang ketika dalam metode overclock 24%, kipas berputar terus-menerus dan settingan overclock berubah ke settingan standar. Namun ini terjadi pada saat tes Sysmark pada tes video creation yang memang mebuat netbook anda bekerja berat. Pada tes bagian lainnya (Sysmark 2007), hal tersebut tidak terjadi.

  • Mana yang lebih baik?

Setelah melakukan upgrade baik memori maupun hard disk CHIP menyimpulkan bahwa kedua upgrade tersebut sama-sama dapat meningkatkan kinerja yang lumayan bila anda sudah terbiasa memakai netbook dalam keadaan standar. Lalu melakukan upgrade baik memori maupun hard disk, atau salah satunya, akan meningkatkan kinerjanya, walaupun dalam segi skor hanya menunjukkan peningkatan skor 1 sampai 2.

Hal yang cukup mengagetkan pada saat upgrade hard disk, ternyata lama hidup netbook MSI menjadi naik lebih dari 1 jam. Biang keladi semuanya adalah ternyata hard disk WDC 320GB 7200RPM seri Scorpion W320BEKT. Masalah terbesar dari upgrade hard disk adalah memindahkan seluruh data dan recovery operation system yang berada di hidden partition. Satu lagi, dana yang harus anda relakan untuk meng-upgrade semakin besar. Akan tetapi anda bisa mendapat waktu pakai yang lebih lama. Lagi pula, hard disk lama anda masih dapat digunakan sebagai removable hard disk (dengan membeli casing eksternal). Yang perlu diingat adalah CHIP hanya menguji satu jenis hard disk. Bila anda ingin mendapatkan waktu pakai yang lebih lama, pastikan hard disk yang anda beli sama dengan spesifikasi yang digunakan dalam pengujian ini.

KESIMPULAN

Upgrade memori merupakan hal yang paling gampang dan paling sering dilakukan oleh banyak orang guna mendapatkan performa yang lebih. CHIP juga melakukan penambahan memori padanetbook, yang sebelumnya 1 GB menjadi 2 G, menggunakan memori Kingston HyperX SO DIMM DDR2 1 GB

Pengaruh lain dari penambahan memori adalah daya tahan baterai berkurang sedikit. Ini bisa dimaklumi karena penambahan memori akan menambah daya pada netbook.

Bahwa kedua upgrade tersebut sama-sama dapat meningkatkan kinerja yang lumayan bila anda sudah terbiasa memakai netbook dalam keadaan standar. Lalu melakukan upgrade baik memori maupun hard disk, atau salah satunya, akan meningkatkan kinerjanya, walaupun dalam segi skor hanya menunjukkan peningkatan skor 1 sampai 2.

SUMBER

–          CHIP ( Februari 2009 )

–          Bimanto@CHIP.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: