Recovery Files

Kata Pengantar

Kehilangan data penting dari hardisk tentunya hal ini tidak anda inginkan bukan? Bagi anda yang pernah mengalami kehilangan data, bersiap-siap untuk ‘sumringah’. Makalah ini yaitu SPP Data Recovery akan mengungkapakan rahsia bagaimana mengembalikan file dan folder yang terhapus. Kalau anda pernah membayar seseorang dengan biaya mahal untuk mengembalikan file atau data, hal itu tidak perlu anda lakukan lagi, cukup dengan membaca / menbeli buku saja.
Makalah ini akan mengungkap rahasia mengembalikan data / file yang terhapus corrupt dari media flashdisk dan lainnya.
Demikian makalah disusun semoga dapat meberikan manfaat bagi anda semua tetapi makalah ini masih banyak kekurangan karena disini hanya dijelaskan dalam satu media saja untuk melengkapinya anda cukup membeli buku tersebut.

Jakarta. Februari 2008
Dominikus Juju
MataMaya Studio

Daftar ISi

Kata Pengantar………………………………………………………………………….i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………..ii

Recovery Dokumen Ms Word…………………………………………………………1
Nucleus Kernel-Word……………………………………………………………………1
Wordfix Pro 5.3…………………………………………………………………………2

Mengembalikan File Dan Folder Terhapus………………………………………….3
PC Inspector File Recovery……………………………………………………………..3
FileRecovery…………………………………………………………………………….4
Recovery Files 2.02……………………………………………………………………..5
Pencarian berdasarkan Nama File……………………………………………………….6

Penulis Dan Penerbit ………………………………………………………………….7

Recovery Dokumen MS Word

• Nucleus Kernel-Word
Nucleus Kernel-Word adalah tool yang bias dugunakan untuk me-recovery atau me-repair file MS Word. Nucleus Kernel-Word adalah tool yang canggih karena mampu me-recover atau mengembalikan file MS Word yang corrupt, damage, error atau terkena virus. Tool ini berbeda dengan tool recover yang lainnya. Apa yang membedakannya? Nucleus Kernel Word dalam proses recover-nya memiliki empat preview recovery yang masing-masing memiliki isi tersendiri (jumlah halaman isi yang diperbaiki), dengan demikian kita bisa memilih bagian mana yang paling baik diantara keempatnya .

Nucleus Kernel Word bias diunduh melalui almat situs: http://www.nucleustechnologies.com/Word-Document-Repair-Software.php. Nucleus Kernel Word bisa digunakan pada system operasi Windows 9X/Me/NT/2000 Server/XP. Ukuran file cukup kecil, jadi tidak telalu banyak memakan space hardisk.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Nucleus Kernel Word.
1. Instal terlebih dahulu Nucleus Kernel Word.
2. Untuk memulai me-recover file, klik tombol Add Files, pada kotak dialog Open silakan anda pilih file MS Word yang mengalmi masalah.
3. Klik Open.
4. File yang dipilih akan masuk ke dalam daftar file.
5. Klik Next.
6. Proses recovery akan berlangsung.
7. Untuk melihat filenya, klik Next.
8. Klik Ok untuk kembali.
9. Klik Save Files untuk menyimpan file tersebut. Tentukan lokasi untuk menyimpan file.
10. Klik Ok.

• WordFIX PRO 5.3
Satu lagi tool yang akan kita bahas untuk me-recovery file Word adalah WordFIX PRO 5.3. Tool ini memiliki kemampuan untuk me-recovery file pada MS Word yang disebabkan Karena corrupt file, terkena virus, atau file yang tidak bisa dibuka. Tool ini bias digunakan pada MS Word 95, 97, 2000, XP, dan 2003.

Untuk mendapatkannya anda bisa men-downloadnya melalui situs http://www.cimaware.com. Sedangkan untuk versi yang digunakan adalah versi 5.03.
Berikut adalah langkah-langkah menggunakan WordFIX PRO 5.3:
1. Instal terlebih dahulu WordFIX PRO
2. Untuk memulainya, klik tombol Start
3. Berikutnya akan tampil kotak dialog untuk melakukan pemilihan file. Klik tombol Select File untuk memilih file MS Word yang corrupt
4. Pada kotak dialog Open, pilih file word yang hendak di recover
5. Klik Open
6. Setelah itu klik Recover
7. Jika sudah selesai, maka akan muncul kotak dialog summary yang menyatakan file tersebut berhasil di recover.
8. Untuk menyimpan file, klik Go to Save
9. Setelah itu ada penentuan output file format dan lokasi penyimpanan file
10. Klik Save jika sudah
11. Kalau sudah maka akan ada konfirmasi
12. Klik Open

Mengembalikan File dan Folder Terhapus

Untuk mengembalikan data atau file yang hilang tentunya banyak sekali tool yang bisa digunakan, salah satunya yaitu PC Inspector File Recovery.
• PC Inspector File Recovery
Alternative yang bisa digunakan dan tentunya freeware untuk mengembalikan data adalah PC Inspector File Recovery. Tool ini bisa dijalankan pada system operasi Windows 95, 98, ME, NT dan XP serta berjalan paad system partisi FAT 12/16/32 dan NTFS. Tool ini bisa anda download melalui situs http://www.convar.de. Untuk versi yang kita gunakan versi 4.0.
Berikut langka-langkah menggunakan PC Inspector File Recovery :
1. Kita anggap Anda sudah berhasil men-download dan menginstalnya di computer
2. Lalu jalankan program ini, seperti biasa klik Start > Programs > PC Inspertor File Recovery > PC Inspector File recovery.
3. Tampilan perdannya adalah penentuan bahasa yang digunakan misalnya pilih bahasa inggris (English).
4. Lalu klik √.
5. Selanjutnya akan tampil kotak dialog welcome to PC Inspector File Recovery. Di sana anda akna temukan tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Recovered deleted files, Find lost data, dan Find lost drive. Pilih opsi yang pertama atau Recovered deleted files.
6. Setelah itu akan muncul kotak dialog Drive. Tentukan drive mana yang akan dicari file atau foldernya. Jika sudah, Anda klik √.
7. Selanjutnya akan tampil file atau folder yang berhasil di-load atau di-recovery.
8. Klik kanan pada folder atau file yang hendak di-copy lalu klik Save to atau dengan mengklik ikon Save file/dorectory.
9. Berikutnya anda tentukan direktori untuk menyimpan file atau folder yang akan di-copy, misalnya kita simpan di My Document.
10. Jika sudah, klik √.

• FileRecovery
Kalau sepintas kita melihat judulnya, sudah barang tentu anda tahu apa itu FileRecovery . FileRecovery adalah tool yang digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus pada hardisk di computer.
FileRecovery bisa anda gunakan untuk mengembalikan file pada sistem FAT 12/16/32 dan juga NTFS. Sedangkan system operasi yang didukungnya antara lain Window 98/ME/NT/XP semua service pack. Selain pada hardisk FileRecovery juga bisa digunakan untuk mengembalikan file dari Flash Disk, Smartmedia, Compact Flash, MP3/4 Player, dan juga Memory Stick.
Proses pencarian file yang terhapus dengan tool ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan tool Recovery lainnya. Untuk mendapatkan tool ini anda bisa mengunjungi alamat situs http://www.lc-tech.com/. Tetapi perlu anda ketahui, tidak semua file yang terhapus itu bisa diselamatkan. Maksudnya, beberapa file yang bisa ditampilkan dengan baik, akan tetapi ada juga yang bisa selamat tetapi tidak bisa ditampilkan dengan baik.
Berikut adalah langka-langkah menggunakan Filerecovery :
1. Kita anggap anda sudah mendownload dan menginstalnya telebih dahulu.
2. Jalankan program ini dengan memilih menu Start > Programs > FILERECOVERY > FILERECOVERY.
3. Anda akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu Recover deleted files dan search deleted files by file name. Maksudnya, pencarian file yang terhapus berdasarkan nama file. Kita pilih dan klik saja yang pertama, yaitu Recover deleted files. Tetapi jika anda hendak melewatkan kedua opsi ini, klik saja Skip.
4. Jika anda memilih Recover deleted files, maka akan tampil jendela atau kotak dialog Select Drive. Anda pilih drive mana yang file atau foldernya hendak direcover. Misalkan anda pilih drive E.
5. Klik Ok
6. Tunggu beberapa saat, ternyata tidak sampai 5 detik proses pencarian file yang terhapus dijalankan. Pada folder Root kita bisa melihat direktori utuh yang ada pada drive E, tentunya yang belum terhapus. Klik ikon tong sampah (Recycle bin) untuk melihat file atau folder apa saja yang pernah terhapus.
7. Untuk menyimpan folder atau file yang terhapus, ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama klik kanan pada folder yang hendak di-save, lalu pilih Save to dan klik ikon Save
8. Untuk menyimpan file hasil recovery, usahakan jangan menyimpannya pada direktori yang sama, tetapi harus berbeda.
9. Klik Ok.
10. Proses penyimpanan file dilakukan

• Recover Files 2.02
Satu lagi tool freeware yang akan kita bahas adalah Recovery Files versi 2.02. Tool ini bisa anda gunakan untuk mengembalikan file-file yang pernah terhapus dari hardisk atau media storage seperti Flash Disk. Tampilan tool ini begitu sederhana tetapi proses pencarian bisa digunakan dengan cepat. Kelebihan yang dimiliki tool ini adalah memisahkan file yang terhapus berdasarkan kategori filenya, seperti Microsoft Word, JPEG, PSD, EXE, dan tentunya ekstensi file yang lain pernah terhapus.
Recover File bisa anda download melalui situs http://www.UndeleteUnerase.com. Freeware ini dibuat dua tipe yaitu versi instal (harus diinstal terlebih dahulu). Kali ini kebetulan yang akan kita bahas adalah versi stand alone atau portable, untuk menjalankan tinggal klik dua kali saja pada aplikasi ini.
Beriku ini langkah-langkah menggunakan Recovery Files:
1. Jika sudah di-download, klik dua kali pada tool ini
2. Anda pilih atau klik drive mana tempat file yang anda miliki tersebut terhapus. Misalkan saja anda memilih drive E.
3. Jika sudah klik Analyze
4. Proses pencarian ditandai dengan berjalannya indikator yang berwarna hijau. Jika anda hendak membatalkan, klik saja Stop.
5. Jika sudah selesai, maka akan tampil semua file yang pernah terhapus berdasarkan kategorinya masing-masing.
6. Apabila anda tidak suka dengan tampilan Type file, maka anda bisa mengklik tampilan lain pada bagian bawah. Misalnya saja anda menginginkan tampilan folder, maka klik tombol Folders.
7. Untuk menyimpan file yang telah berhasil di-recover, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengklik ikon Undelete dan dengan klik kanan lalu pilih Undelete. Namun sebelumnya anda beri tanda ceklis pada file yang dimaksud.
8. Akan tampil kotak dialog Recover File-Undelete. Anda juga bisa menentukan sendiri lokasi penyimpanan file dengan mengklik ikon.
9. Klik Ok jika sudah.
10. Jika sukses, maka tampil konfirmasi.
11. Klik Ok.
Sekarang anda bisa cek file yang tadi di-recovery dan disimpan ulang .
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan tool ini, seperti adanya keterangan status file yaitu Good, Very Good, Bad, Overwritten. Berikut perbedaannya:
• Good (ditandai dengan warna biru): kualitas file ini cukup baik untuk diselamatkan.
• Very Good (ditandai dengan warna hijau): kualitas file ini sangat baik, hamper 95% file selamat seperti kondisi sempurna.
• Bad (ditandai dengan warna kuning): kualitas file ini sangat buruk, kalau diselamatkan juga filenya tidak bisa ditampilkan dengan baik, seperti misalkan kita tidak bisa preview pada gambar.
• Overwritten (ditandai dengan warna merah): file ini kualitasnya buruk, tidak bisa lagi diselamatkan.

Pencarian Berdasarkan Nama File
Kalau di atas kita telah melakukan recovery file secara global pada suatu drive, maka kita juga bisa melakukan pencarian berdasarkan nama file yang kita hendaki. Tentunya akan sangat menghemat waktu, apalagi jika anda melakukan filter file dengan tepat. Filter file dengan tepat maksudnya nama file yang dicari, tanggal terhapus, dan ukuran file yang harus sesuai.
Untuk melakukannya, anda bisa memasukkan keyword pada opsi All or part of the file name, menentukan ukuran file pada opsi what size is it? dan tanggal file terhapus pada opsi When was it modified? Klik Set Filter jika sudah.

Penulis :
Domikus Juju adalah seorang web design freelance. Ia juga adalah fouder MataMaya Studio, sebuah unit usaha yang bergeralk di bidang jasa desain web, desain grafis, dan book content. Ia banyak belajar computer secara otodidak dan menyukai berbagai hal tentang desain website.

Alamat email penulis : dominikus_16@yahoo.co.id

MataMaya Studio adalah sebuah unit usaha yang bergerak di bidang jasa desain web, desain grafis, multimedia, dan book content yang didirikan oleh Dominikus Juju. MataMaya Studio saat ini lebih difokuskan pada penulisan buku. Dengan tim yang solid, misalnya akan bersaing dengan provider content buku lainnya secara sehat dan menyajikan naskah yang berkualitas.

Website: http://www.mata-maya.com
Blog: http://matamayaku.wordpress.com

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: